adv

Tata Cara Pembuatan Surat Penugasan (SP)

Tata Cara Pembuatan Surat Penugasan (SP)

Bagi apoteker yang baru lulus dan ingin memiliki surat penugasan harus mengikuti beberapa alur berikut ini dan membuat satu berkas permohonan pembuatan surat penugasan dengan dilengkapi beberapa persyaratan yaitu klik disini dari ke 16 syarat, syarat surat lolos butuh tidak harus diikutsertakan kecuali SP akan digunakan di luar propinsi institusi pendidikan apoteker yang bersangkutan.Surat Penugasan dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI ditandatangani a.n Menteri Kesehatan, oleh karena itu berkas yang diajukan harus sampai ke Depkes RI tetapi sebelumnya harus dilengkapi surat pengantar dari Dinas Kesehatan Propinsi tempat istitusi pendidikan apoteker yang bersangkutan. Berikut langkah-langkah praktis untuk mendapatkan Surat Penugasan :

1. Lengkapi syarat-syarat dalam surat permohonan pembuatan SP

Sebaiknya langkah awal yag dilakukan adalah membuat surat bukti lapor (mendaftar bahwa anda telah lulus apoteker) prosesnya bisa 1 minggu, sambil melengkapi persyaratan lainnya.
2. Setelah lengkap berkasnya, ajukan ke Dinkes Propinsi tempat Institusi/Univeristas pendidikan apoteker yang bersangkutan
Pengajuan permohonan SP ini untuk mendapatkan surat pengantar dari Dinkes Propinsi sebagai syarat untuk mengajukan ke Depkes RI (Jakarta), jadi surat pengantar ini digabung dengan berkas2 sebelumnya untuk diajukan kembali ke Depkes RI (Biasanya diatas 1 minggu).
3. Pengajuan ke Depkes RI (Jakarta)
Sebaiknya pemohon pergi sendiri ke Depkes RI untuk memperoleh SPnya tapi beberapa Dinkes Propinsi memfasilitasi untuk diproses ke Depkes RI (ada uang trasnport jumlahnya tergantung “personal” dinkes propinsi), biasanya lebih dari 2 minggu prosesnya, jadi total 1 bulan waktu normal dibutuhkan untuk mendapatkan SPnya.

Kabar gembira buat teman-teman apoteker yang belum mendapatkan SP, ada seorang apoteker alumni Unpad angkatan 2002 yang berdomisili di Jakarta yang mau membantu proses pembuatan SP di Depkes RI, dengan catatan telah memiliki surat pengantar dari Dinkes Propinsi dan Membuat surat kuasa bermaterai untuk diambil oleh pihak ke 2, disertakan dalam amplop+ongkos balik (uang transport bisa dibicarakan).

Download Surat Permohonan Surat Penugasan beserta lampirannya

Keterangan lebih lanjut Hubungi
Fakhri Amrullah, S.Farm, Apt
Jl. Dieng I Blok C9 No.5 Jakarta 17411
No HP 021-91181797 / 08170274592

17 comments so far

  1. Ana on

    Kang Arul…

    Ana udah lulus apt dari tahun kemarin, tapi belom punya surat bukti lapor. Bgaimana caranya untuk membuat bukti lapornya ya? Berkas-berkas apa aja yang diperlukan untuk membuat bukti lapor? Kebetulan ana berdomisili di bekasi.

    Thanx atas atensinya.

    • Arul on

      Yeee… gimana sih na, biasanya tuh orang yang baru lulus apoteker langsung berlomba-lomba buat SP (biar bisa langsung pegang apotek sebelum kerja di industri he33), ana lulus dari apoteker unpad kan? nah dapetin bukti lapornya di dinkes propinsi jabar (cari bagian pembuatan bukti lapor dan SP dulu pa iwan), berkasnya surat permohonan bukti lapor, FC ijazah apoteker, FC sumpah apoteker,FC KTP biasanya 2 minggu beres,
      Sukses ya…

  2. wika on

    kang arul…

    mo tanya neh?!
    kalo bikin SP untuk di PBF, persyaratannya dan tata caranya gimana ya…
    ane lulusan Apoteker Jakarta tahun 2005??
    bingung neh??
    ke dinkes or depkes??

    mohon bantuannya ya…

    tengkyu

  3. Arul on

    Ok sebelumnya harus tau dulu Surat Penugasan itu ada 2 lembar, lembar pertama Surat Penugasan dan lembar ke dua Surat Keputusan Penempatan Apoteker,
    lembar pertama berisi Nomor SP, Nama, TTL, Foto pemohon SP, dan biasanya ditandatangani atas nama menkes oleh Kepala Badan Pengadaan Pegawai
    lembar kedua berisi Surat Keputusan Menkes RI tentang Penempatan Apoteker, berisi keputusan Menkes tentang penempatan pemohon ditugaskan dimana (tergantung pemohon bisa di apotek, PBF, RS, Industri dan PNS)

    Jadi yang membedakan APA Apotek dengan APA PBF adalah lembar keduanya,
    persyaratan no 1 dan 9 yang membedakannya dimana didalamnya dijelaskan memohon sebagai penanggung jawab di mana dan pernyataan dari PBF yang membutuhkan pemohon sebagai apotekernya
    ( http://nasrulwathoni.files.wordpress.com/2008/12/alur-perijinan-apotek.jpg )
    ,
    Pembuatan SP itu sebetulnya langsung ke DEPKES melalui Dinkes Propinsi tempat kuliah (kalo wika berarti dinas propinsi DKI), sejak otonomi daerah kalo dinkes kota/kab itu buat pembuatan Surat Izin Apotek/PBF

    Selamat mencoba,

  4. Ana on

    kang arul, ini ana lagi, yg lulusan unpad pastinya hehe.

    Kmrn Ana baru mengajukan pembuatan Surat Bukti Lapor ke Pak Iwan. Dan katanya, minggu baru selesai 1-2 minggu kedepan. Setelah itu baru buat Surat Penugasan kan?

    Trus yg Ana tau klo mo buat SP harus sudah mencantumkan nama apotek tempat qta akan melakukan masa bakti, smentara apotek-nya baru mau dibuat, dan belom punya nama.

    Jadi gimana donk? Harus mendirikan apoteknya dulu, stlh itu baru bikin SP ato gimana?

    Thnks ya kang arul
    Nanti pasti ana tanya lagi, lebih bnyk lagi
    hehehe

    • Arul on

      ga perlu bangun dulu, jangan bilang apoteknya belum di bangun atuh, pinter2 kitanya aja he33
      yang penting harus ada namanya dulu, masa bikin nama aja susah…
      yang penting nama apotek yang sudah tertera di lembar kedua SP nanti harus sama dengan pengajuan SIA alias sama dengan apotek yang dibagun nanti, kalo beda, harus ngurus lagi alias penyesuaian lagi dan uang lg walaupun alamatnya sama, coba baca artikel sy sebelumnya…

      Selamat menunggu

  5. Ana on

    ooo..jadi gitu toh.

    Bikin nama sih, kyknya gampang. Cuma yg ana kuatirkan orang Dinkes Prov lagi rajin jalan-jalan mengecek kesesuaian alamat apotek yg tertera (di Surat Permohonan) ama kenyataannya.

    Jadi..
    Berarti orang Dinkes Prov gak akan mengecek keberadaan nama apotek “nihil” itu ya?

    Btw, kira2 ada petugas Dinkes prov yg rajin buka blog ini gak ya?
    Waaaah..bahaya juga ya. Ato jangan2 mereka memang udah mengerti hal-hal spti ini?

    Ada pertanyaan lagi nih..

    Pertama..
    Kartu kuning yg diperluin buat syarat adm pembuatan SP itu harus dari dinas tenaga kerja kota ato provinsi?

    Kedua..
    Di alur perijinan apotek ada tulisan “ket: Difotokopi rangkap 2, yang asli ke Depkes, fotokopi ke Dinkes Propinsi”
    Qo ana bingung ya? Maksudnya “yang asli ke Depkes” itu apa?

    Trima kasih bnyk lagi
    Smoga blom bosan dg pertanyaan2 ana
    Hehe

    • Arul on

      Ga usah kuatir, memang benar kan akan di bangun di alamat tersebut!! sejauh ini ga pernah ada inspeksi seperti itu, bilang aja baru akan dibangun gpp koq…. salut lah dinkes kalo setiap pengajuan SP ditinjau alamatnya, BPOM aja sistemnya random, kalo kita benar dan faktanya seperti ini kenapa harus takut dengan blog ini, blog ini dibuat juga untuk memberikan manfaat untuk semua orang :)

      jawaban pertanyaan :
      1. untuk kartu kuning asal jangan kartu domino he33 bisa di buat di dinas tenaga kerja setempat, sesuai KTP biasanya

      2. Koq bingung, jadi gini, nanti berkas2 asli buat dibawa ke depkes, nah arsipnya disimpan di dinkes propinsi, baiknya arsip buat kita jg ada, biasanya juga nti di dinkes prop disuruh fotokopi rangkap 2, begitu na

      Sukses ya…

  6. wulan on

    kang arul,kl kita mau buat SP kan musti minta surat rekomendasi ISFI jabar.tau ga bayarnya berapa???
    trus kl misalnya SP apotek jabar udah punya tapi kita kan bikin SP aja apoteknya ga jadi tapi SP itu mu dipake buat jadi APA di apotek laen di luar jawa barat misalnya jakarta??gimana tuh??bikin SP baru??

    • Arul on

      Sepertinya belum mengerti ya bagaimana tata cara buat SP dan apa itu SP, pelajari ya tulisan/komentar saya sebelumnya dan bagan alur perizinan SIA, rekomendasi ISFI itu dibutuhkan untuk mendapatkan SIA, biayanya tergantung daerah, coba telusuri di blog ini ada ko nilai nominalnya…
      Yang pasti kalo terjadi perubahan, maka yang dirubah adalah lembar kedua dari SP tersebut alias Surat Keputusan Penempatan Apoteker, di rubah ke DEPKES melalui Dinkes Propinsi setempat, mungkin nanti sy coba tampilkan contoh SP yang sudah jadi biar ada gambaran

  7. [...] dan Surat Izin Apotek Beserta Lampirannya Menindaklanjuti posting sebelumnya tentang Tata Cara Pembuatan Surat Penugasan dan Cara Praktis Memperoleh Surat Izin Apotek dengan banyaknya pertanyaan yang mungkin belum [...]

  8. Linda on

    ada yang bisa bantu urus ijin sp n sia di bandung ga ya?

    • Arul on

      Coba hubungi Fakhri mungkin dia bisa bantu, ato ada yang bisa temen2 yang lain?

  9. mekka on

    lagi iseng cari2 bahan buat kompre..(skema alur perizinan apotek__Search……ketemu blog ini deh)

    makasi ni pak banyak info yg bermanfaat,.boleh minta petuah sekalian untuk menghadapi kompre ga pak???(dulu siy kang arul..tapi skrg pak arul:))…hufffh, bahannya bnyk bgt, bikin stress..hehe..skemanya tapi cukup mengurangi k’stressan..(mudah2an)..

    nuhun pisan..
    mekka_fm04_apt08/09
    catechue_sue@yahoo.com

    • Arul on

      Stress bisa jadi penghambat kompre, makanya tipsnya adalah, ketika kompre sering2 datang ke kampus tanyain ke temen2 mekka yang udah kompre info2nya sesuai dengan pengujinya, sekarang dah canggih pasang voice recorder mp3/mp4 di temen mekka, analisis arah pertanyaannya kemana, dan yang paling penting tetep berdoa, good luck!!!

  10. Eeng R.A on

    Pak Arul, aku APT br dr PTN jKT mau urus SP kE JAWA Barat Di persyaratan kan ada sertifikat kompetensi dr ISFI. NAH… sertifikat aku lg di urusin scra kolektif sm kampus.. itu bs nyusul ga ya.. persyaratan yg lain udh lgkp kcuali sertifikat itu… mana jadinya 2 bulan lagi…… masa musti nunggu siyyyy…mohon infonya yah..

    • Arul on

      mmmm, memang sekarang ISFI lagi gencar2nya sertifikasi, sebetulnya untuk buat SP kan masih berhubungan dengan dinas propinsi setempat, selama dinas tersebut ga minta ya ga masalah (sebetulnya sertifikat kompetensi penting untuk mendapatkan rekomendasi ISFI untuk mendapatkan SIA), kalaupun minta… ya minta aja surat keterangan sementara bahwa sertifikatnya belum jadi dari ISFI setempat,
      selamet mencoba…

Posted byAPOTIK at 1:15 am  

0 comments:

Post a Comment

adv Click here for next pages